Lesson From 2018

Wednesday, January 23, 2019

Dibandingkan tahun-tahun sebelumnya, 2018 cukup banyak membuat saya belajar hal baru tentang berbagai hal. Banyak kejadian yang memberikan saya sebuah pengalaman baru yang terasa begitu magical, salah satu yang paling terasa adalah melahirkan kafa dan juga terlahir pula sebagai ibu. Rasanya bener-bener masih percaya nggak percaya banget. Saya kayak sering tertegun sambil mikir gimana ceritanya dari yang berdua kok sekarang udah bertiga, gimana ceritanya bayi yang dulu pernah ada di perut saya eh tiba tiba sebegini besar, atau bagaimana kok bisa keluar susu untuk kafa. Semua hal itu bener-bener membawa saya pada keyakinan bahwa memang Allah sungguh maha besar, yang menciptakan semuanya. Tahun ini saya banyak dihadapkan pada kebesaran Allah.


Seperti tahun-tahun sebelumnya, 2013, 2015, 2016, 2017, (bisa di klik semua buat ke postingan pertahun tersebut) saya merangkum 2018 dalam beberapa point, biar nanti pas baca-baca ulang waktu pengen flashback jadi lebih mudah. Meski tahun ini agak telat (banget) baru nulis di penghujung bulan januari. Tapi yhaaa better late than never.

Tahun Ini Lebih Selo, Mencoba Kalem Dengan Ambisi, dan Menikmati Peran Baru.

Kalo tahun sebelumnya saya ambisius dalam berbagai hal. Termasuk hal kecil macam traveling, maunya minimum traveling ke satu negara pertahunnya, atau minimum yaaah keluar kota lah kalo kondisinya pas nggak memungkinkan. Nah tahun ini, kalo di flashback ulang kayaknya saya ngga kemana-mana. Keluar kota ya yang deket-deket doang, itupun untuk urusan kerjaan aja. Bukan yang emang giving some time for myself untuk santai-santai gitu loh. Jadi semoga tetep bisa dikebut di tahun ini travelingnya, karena bagi saya sih traveling itu hal santai, bikin refresh otak, nambah inspirasi sekaligus semangat. Sebuah investasi untuk diri, keluarga (karena bisa jadi bonding time) dan juga pikiran. Jadi musti diagendakan. Semoga tahun ini bisa di eksekusi lagi.




Nggak cuma perihal traveling aja, banyak ambisi-ambisi lain yang musti di pending karena peran baru sebagai ibu ternyata butuh penyesuaian yang memakan waktu dan energi cukup banyak bagi saya. Yang jelas berbeda dari saat belum punya anak tentu adalah fleksibilitas perihal waktu, Sekarang semua masih menyesuaikan sama kafa. Tapi saya sendiri sebenernya ngga merasa rugi atau ketinggalan yang gimana gituuu, ketika kita udah sadar akan kondisi, kita bakal lebih bisa menerima. Dan apalagi kafa segemes itu masyaAllah, bisa jadi penghibur bunda. Mungkin tahun ini memang disuruh rada rehat dari segala hal 'kedonyan' (istilah temen-temen saya ketika kebanyakan kerja haha).

Memulai Wuffyland, Wadah Explorasi Baru.

Terus ditahun ini juga saya pada akhirnya memberanikan diri untuk memulai project keluarga yang udah di planning sedari awal menikah. Pengen bikin media untuk saya dan keluarga (....dan bagus lagi kalo orang lain juga bisa terlibat) untuk bisa berkarya. Setelah diskusi panjang, dapat momentum pas domain blog lama saya hangus, akhirnya kita ganti blog saya dengan domain wuffyland (karena gheasafferina itu udah di lelang dengan harga yang lumayan waktu itu). Ini bakalan jadi blog buat saya-mas hanif-kafa-mungkin adeknya kafa-dan guest post untuk menulis dan sharing tentang segala hal yang semoga ada manfaatnya buat kami maupun orang lain yang baca.

Kami juga baru bikin podcast yang bisa didengerin di soundcloud atau di spotify. Bakalan banyak bicara singkat tentang hal-hal random. Kenapa podcast? Nah itu udah nanti saya obrolin di lain waktu aja, tapi secara singkat udah kita singgung disalah satu episode podcast kita. Untuk youtube semoga juga makin rajin berkreasi, karena stock video banyak cuma belum di edit he he he.




Di wuffyland juga kami bakalan bikin family product yang saat ini udah jalan sih mainan anak. Ini nih sungguh terharu rasanya, dari yang iseng, terus ternyata disambut hangat dengan pasar, nggak cuma temen-temen saya, yang beli justru random people gitu kan terharu. Kita jual beberapa permainan edukatif, aktivitas sederhana buat orang tua dan anaknya. Alhamdulillahnya jalan hingga sekarang, sudah beberapa bulan, dari yang sendiri sampe beberapa kali ada tim. Profit memang ga banyak-banyak banget saat ini karena saya sendiri ngerjain ini untuk kesenengan, belum yang target ini itu segala macam.

Paling bahagia kalo baca testimoni atau dapat tag-tag-an kalo produknya beneran kepakek dan anak-anak suka. Beneran jadi semangat buat bikin-bikin lagi. Semoga tahun ini bisa makin lari~

Fokus Pada Lahan Sendiri

Tahun ini yang paling susah tapi akhirnya mulai bisa adalah.... fokus pada lahan sendiri, atau pada kehidupan sendiri. Ini nih kunci bahagia. Saya tuh tipe yang misal lihat temen bisa achieve hal A lalu dengan ambisius pengen nyobain juga, siapa tau achieve juga. Plus minus sih, jadi lebih bisa memacu diri untuk berprogress tapi misal kondisinya ga pas malah bikin sedih karena ngerasa diri ini kok begini begini saja.

Nah tahun ini saya coba tata ulang pikiran saya. Sebenernya apa sih yang saya pengenin, purpose apa yang saya pengen perjuangin, model kehidupan macam apa yang pengen saya jalanin. Pas udah ketemu semua, yaudah saya bisa lebih fokus ke 'kolam' saya sendiri ini. Dan lebih happy. Kalo di case saya adalah.... menjalani peran sebagai ibu rumah tangga, kadang ikutan terlibat di mimpi suami melalui nolcrative, lalu bikin bikin di wuffyland. Ya itu emang yang bikin saya happy. Jadi ketika segi pendapatan jauuuh beda dibanding temen yang udah berdigit-digit gitu monthly incomenya, saya selo aja. Ikut senang dan lebih bersyukur, bukan jadi iri atau gimana.



Karena saya udah berkesibukan di ranah yang pengen saya jalani, dan memang dalam case saya, saat ini tuntutan perannya nggak sama dengan temen saya yang A B C D. Jadi emang di adulthood itu sungguh warna-warni banget kehidupan antara kita dan teman-teman sepantaran kita. Beda ketimbang pas sekolah dulu yang kesibukannya sungguh seragam banget.

Jadi tiap orang emang punya step yang berbeda dalam kehidupan, nda perlu bingung dan risau yaah... Dimanapun stage kehidupanmu saat ini jangan lupa bersyukur. Dan selalu mengusahakan untuk menjalani peran sebaik-baiknya di stage apapun kita.

Hampir Tiap Minggu Jadi Bagian Dari Hari Bahagia Orang Lain

Ini nih yang hilight banget dari 2018, intensitas 'mbiodo' dinikahan orang makin sering. Jadi ketemu banyak kenalan baru dari mulai pasangan mempelai, temen-temennya, hingga keluarga mempelai. Asyiq banget. Riweuh riweuh yang kadang sebelum acara merasa seperti sungguh lelah tapi kelar acara dan client happy tau-tau ilang gitu aja lelahnya. Ajaib memang.



Full team inti nolcreative yang lagi riweuh-riweuhnya sama bayi bayi yang selalu ikut ngejob

Ini sebuah kesibukan seru yang alhamdulillah tahun ini progressnya lumayan banget, tahun ini juga pertamakali saya, mas hanif, mbak firda dan mas fatieh memutuskan untuk full time di nolcreative. Fokus beneran gitu. Kalo sebelumnya ini project happy happy aja, tahun ini beneran di perjuangkan. Nggak cuma weekend tapi juga weekdays. Banyak yang nanya gimana mulai nolcreative? Modalnya berapa? Percaya ngga sih kalo saya jawabnya 0... beneran 0, bahkan dulu awalnya kamera tuh minjem loh... Modal semangat dan tekad gitu deh (he he he, apasih). Ntar insyallah kami ceritain di postingan terpisah atau kami bahas di podcast.

Tahun ini kami punya workspace baru, semoga bisa jadi tempat untuk semakin banyak orang bisa happy project bareng nolcreative. Serta jadi tempat untuk explore lebih banyak hal lagi.


Kafa yang digolerin aja di rumput pas lagi dekor outdor hehe

Kurang lebih sih itu higlight di tahun ini. Rencananya untuk blog wuffyland di 2019 ini semoga makin rajin posting, karena akan ada temen-temen yang bantu untuk posting. Ntar saya kenalin yaaaah, ada partner baru buat bebikinan ini itu. Semoga bukan wacana (amin amin amin amin).

Tahun ini juga pengen lebih away sama hp. Tau kan ya, hp tuh tempatnya beragam infinity pool berada. Sekalinya cek hp bisa memakan waktu banyak buat scrolling instagram yang ngga ada abisnya, kelar scroll feed lalu scroll story, gitu aja terus. Atau scrolling tumblr, pinterest, facebook, twitter, semua itu ngga ada titik kelarnya. Bisa di scroll terus. Makanya dinamain infitnity pool. Tau tau kita udah tenggelam aja, waktu banyak terbuang. Udah mulai awal tahun saya dan mas hanif berkomitmen ga mau sering-sering cek hp. Kalo salah satu kelihatan kebanyakan cek hp mesti langsung bilang "Bunda nih main hp banyak banyak", begitupula sebaliknya. Sama-sama ngingetin pokoknya. Makanya beberapa kali hp saya ketinggalan entah di rumah mertua, di rumah mamah, dan ditempat lain yang aman, saya tenang aja, ga bingung nyari malah berasa senang karena salah satu distraksi terbesar lagi ga ada dijangkauan he he he.

Bismillah untuk tahun yang baru, targetnya nda banyak-banyak. Semoga habit-habit bagus bisa istiqomah. Ibadah meningkat. Makin banyak silaturahmi. Makin banyak berkarya. Makin pintar bagi waktu. Start investing. Dan ga banyak main hape. Sekian.

Semoga hal-hal baik juga terjadi ke kalian yaa.....


Have a good day!


Ghea Safferina
(ditemani Mas Hanif dan Kafa)

You Might Also Like

0 comments

Drop some hello here! :)

My Latest Vidio

ALL TIME HITS

Wuffyland Product