Berenang Cuma 200 Rupiah di Taman Rekreasi Kota Malang

Saturday, November 17, 2018

Dalam rangka pengen mengenalkan kafa sedini mungkin dengan air dan kolam, sejak dia usia 3 bulan saya dan mas hanif (nekat berbekal bismillah dan browsing sana sini) memperkenalkan kafa ke kolam renang. Beneran itu pas banget kafa 3 bulan, dan renangnya langsung dikolam umum, air dingin. Padahal dia juga belum tegak nyangga kepala, tapi bismillah lah yaaaa.. Itu pertama kita renang di BeSS Resort, udah berencana di post tapi ntaran insyaAllah nunggu videonya jadi hahaha.

Nah, katanya untuk lebih membiasakan itu harus rutin, minimal seminggu sekali. Jadi sepulang dari BeSS resort itu kita udah mikir apa mau beli ban karet tapi yang tinggi yah biar kafa bisa terus dikenalkan secara berkesinambungan? Tapi terus bimbang memikirkan plus minusnya. Kita kan lagi dalam tahap pengen mengurangi jumlah benda dirumah, jadi tiap mau beli apapun mikirnya panjang. Kepikiran juga sama ngisi airnya pasti butuh banyak, berasa mubadzir gitu.

Enak enakin deh nak :')

Lalu kita seneng banget pas dapat info ternyata kolam renang di taman rekreasi kota malang itu sekarang cukup nyaman. Kebetulan banget karena lokasinya sangat dekat dengan rumah, jalan kaki bisa sih (tapi mayhaaan), kalo naik motor paling 5 menit sampe. Dan kita dikagetkan dengan harga tiket masuk yang kelewat murah, cuma 200 rupiah! Dan kadang kita ditarik 500 rupiah aja pas datang bertiga. Kapan hari juga malah ga boleh bayar. Astaga, harga segitu mah kayak main-main yah, masih mahal juga bayar parkirnya.

Dan untuk kondisi kolamnya juga lumayan banget kok. Pertama kita kesana dulu itu datangnya kesorean, 30 menit sebelum tutup. Tapi yakali, kan murah meriah gapapa lah jabanin renang bentar, toh yang berenang juga si kafa. Pertama waktu itu kita renang di kolam anak dan ternyata kafa (yang saat itu masih 5 bulanan) kakinya udah berhasil ngejejak, jadi dia kurang enjoy gitu. Jadilah selanjutnya hingga hari ini selalu di kolam dewasa ditemani mas hanif yang ikutan berenang.

Sepulang kunjungan pertama kami kesana, jadwal ke kolam renang ini diagendakan setiap seminggu sekali. Karena kami puas dengan tempatnya, emang sih semuanya standar aja, tapi bersih dan memadai kalo cuma buat berenang aja. Mesti disempet-sempetin, kadang serandom itu misal siang-siang nih nyuapin kafa dan dia belepotan ga karuan terus asal nyeletuk "Udah kotor semua gini kita renang aja yuk", terus yaudah berangkat sambil belepotan (hahaha efek rumah deket), jadi sekalian abis berenang bilas dan kehitung udah mandi sore.

Kolam ini mungkin murah meriah karena namanya "TAMAN REKREASI KOTA MALANG" jadi bisa jadi (saya lagi sotoy ya ini), tempat ini dibuat sama pemerintah buat memfasilitasi masyarakat yang pengen refreshing. Waktu saya ig story dan ngasih tau harga tempat ini langsung rame banget notifikasi karena kaget dengan harganya. Ada juga yang bales story dengan pertanyaan "Gak gengsi tah renang ditempat gitu?" OMG OMG OMG kaget akutuuh ada yang nanya gitu. Kalo saya pribadi sih engga gengsi sama sekali, malah ku share karena buat apa sih gengsi untuk urusan yang seperti ini. Berenang di tempat murah bukan hal yang memalukan, justru sebagai ibuibu hemat ku senang sekali bisa nemuin tempat ini sehingga kafa bisa istiqomah berenang dengan pengeluaran yang murah meriah, jadi sisanya bisa ditabung atau buat hal lain.

Kolam dewasnya kalo nggak salah cuma sampe 180cm aja, emang mungkin aslinya buat anak-anak ya haha
Ini kolam anak, yang super dangkal sampe kafa aja ya suak disini karena kakinya nyentuh lantai
Kelihatan nggak tuh tulisannya, kita bayar 200 itu untuk jasa raharja aja. Jadi sebenernya kolam ini gratisan.

Kita tiap kesini mesti milih weekdays karena pasti kalo weekend rame, abisnya gratisan ya siapa yang gak mau ya kan? Kalo weekdays sepi sih, biasanya kita cuma ber 5 kadang ber 3, kadang sendiri juga pernah hahaha. Kayak private pool gitu.

Kebiasaan juga kesini diatas jam 1 siang biar airnya gak dingin-dingin banget, kasian si bayi nanti kalo kedinginan dan dia ga enjoy. Tapi sejauh ini, dari kafa pertama berenang di 3 bulan hingga hari ini, moment berenang selalu jadi favoritnya kafa, anaknya sumringah banget, ga pernah nangis, dan kalo udahan matanya nggak lepas mandang pool sambil wajah sedih haha kocak abis.

Ohya sekedar info, kolam ini dikuras setiap hari senin, jadi kalo senin kolamnya tutup. Lalu selasa mulai ngisi air, kita kalo kesana selasa airnya belum penuh sih. Tapi bener-bener bersih karena masih baru. Paling cucok sih hari rabu karena airnya selain masih bersih juga udah penuh luber-luber dan segar.

Diluar tempat renang ini juga ada taman bermain dengan beberapa mainan seperti ayunan, tangga-tangga, lorong, dkk yang juga bisa diakses publik tanpa berbayar. Dulu pas saya masih kecil tiap kesini juga masih bisa lihat kadang hewan-hewan macam monyet, ular, peacoock, rusa, dkk gitu kayak mini zoo. Tapi sekarang udah nggak ada semua, mungkin perawatannya susah. Jadi diganti mainan-mainan itu.


Untuk progress berenang, di umur kafa 8 bulan udah bisa nyelam tanpa nangis. Lumayan lama juga sih sama mas hanif di tarik ke dalam airnya. Anaknya pas keluar dari air ketawa. Duhhh bundanya sebagai yang nontonin dari pinggir cuma bisa deg-degan sambil berdoa karena emang saya tuh gabisa berenang, dan inget banget kalo waktu kecil, moment mandi yang harus nyiarm kepala itu macam 'nightmare' banget buat saya, pas tk juga masih penuh drama tiap harus mandi kramas. Maunya matanya ga kena, jadi ala-ala creambath gitu deh (sungguh endel seyakli). Itu kenapa saya pengen kafa ngga mengikuti jejak bundanya yang cemen ini dengan belajar mengenal air sedari kecil.

Semoga bulan-bulan berikutnya skillnya bisa nambah. Ohya untuk info seputar berenang gini bisanya kita belajar via youtube, belajar aja gitu lihat-lihat cara ngajarin bayi renang step-stepnya gimana sih. Pankapan insyallah kita share dilain kesempatan.

Saya belum pernah loh naik bus tingkat itu, gapapa deh foto dulu

Ah jadi pengen explore public space lainnya, ternyata dimalang itu ada banyaaaaak banget temat menarik dan murah meriah untuk membahagiakan si kecil.

With Love,

Ghea Safferina



Taman Wisata Rakyat

Jalan Simpang, Jl. Mojopahit No.1, Kiduldalem, Klojen, Kota Malang, Jawa Timur 65111 (Belakang Balaikota Malang)
Jam Buka : 7.30 - 15.00
Harga : Gratis (Kecuali jika berenang bayar asuransi 200/orang)

You Might Also Like

3 comments

  1. Awal baca kukira itu salah tulis kurang 0 ternyata memang 200 perak aja...murah banget terjangkau buat semuanya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mbak mungkin karena taman rekreasi buatan pemerintah gitu ya jadi berusaha semurah meriah mungkin, tapi tiap kesana sepi banget, bisa dihitung jadi karena weekdays. Kalo weekend sepertinya rame banget....

      Delete
  2. sering lewat taman ini tapi lihat dari luar aku radak takut ya soalnya kayak suram gitu hihi. tapi tertarik nyoba deh. btw, mau nanya itu kolamnya kira2 aman nggak ya buat bayi? maksudnya pengaruh nggak ya buat kulit bayi? kadang2 kan ada bayi yang sensitif kulitnya

    ReplyDelete

Drop some hello here! :)

My Latest Vidio

ALL TIME HITS

Wuffyland Product