Tetap Santai Dalam Menghadapi Persaingan Usaha Dengan 4 Hal Berikut

Tuesday, October 30, 2018

Belakangan ini sering banget dapat pertanyaan dari temen-temen di dunia maya via DM ataupun email tentang ketakutan mereka untuk memulai usaha karena semakin banyaknya persaingan yang ada. Nggak heran sih kalo sampe bermunculan banyaknya pertanyaan seperti itu, karena emang sekarang bisnis baru hampir tumbuh setiap hari.

Rasa-rasanya semua orang saat ini lagi penuh semangat untuk membuka bisnis apapun. Bisa dibilang semacam "lagi musim". Sekarang banyak banget acara seminar tentang kewirausahaan. Belum lagi support pemerintah dengan banyaknya pendanaan maupun pelatihan untuk para pelaku bisnis. Menarik sih memang.

Kalo kata gambar ini sih "Udah mulai aja dulu, mikirin persaingan entaran aja"

Sama aja seperti bisnis yang lagi saya jalanin beberapa tahun belakangan ini bareng suami dan saudara ipar melalu nolcreative. Layanan jasa dibidang wedding saat ini rasa-rasanya jadi lahan 'empuk' untuk digarap. Hampir setiap hari muncul vendor-vendor baru dari mulai fotografi, dekorasi, photobooth, undangan maupun souvenir. Karena memang dengan mudahnya akses data melalui internet, kita bisa dapat dengan mudah mencari inspirasi sekaligus mencari pasar.

Semakin ketatnya persaingan saat ini, bikin semangat tiap lagi mau males-malesan. Rasanya kayak, oke, disaat kita lengah sedikit ini ada ribuan orang diluar sana yang lagi berprogress. Jadi bikin kemudian semangat lagi. Apalagi dengan adanya media sosial dan kita bisa 'ngepoin' langsung para pemain yang bergerak di ranah yang sama dengan kita. Kadang suka terkaget-kaget dengan cepatnya mereka berprogess.

Daripada kita merasa minder, lebih baik menjadikan pesaing sebagai asupan semangat untuk terus maju. Lagipula kita percaya banget bahwa rezeki tuh ada aja kok masing-masing, insyaAllah kalo kita usahanya dengan sungguh-sungguh, juga bakal dapat hasil sesuai apa yang kita inginkan.

Lalu untuk menghadapi persaingan tersebut kita ngga perlu loh main perang harga, karena bakalan babak belur sendiri, dan kurang sehat aja. Kayak nolcreative kita ngasih harga ya berdasarkan perhitungan HPP sih, emang nggak yang mahaaaal banget tapi juga nggak murah-murah banget. Ya sesuai dengan perhitungan kami. Karena kalo kalian main murah-murah banget, bakalan capek sendiri sama kerjaan, ngerasa effort ngga sebanding dengan apa yang didapat, jadi nanti lama-lama bakalan males sendiri untuk inovasi.

Ini beberapa cara kita menghadapi persaingan bisnis dengan sehat :

1. Daripada Dibuat Pesaing, Cari Peluang Kolaborasi

Ini sering banget sih kita lakuin, dengan pemahaman bahwa rezeki itu masing-masing, kita ngga pernah ada rasa gimana ke temen-temen yang bergerak di bidang yang sama dengan kita. Malah jadi kayak kolaborasi gitu, ketika kami ada job dimana, kami bakalan ngehubungi temen-temen itu buat jadi freelancer di tim kami. Begitupula sebaliknya.

Atau kadang bahkan kita saling sewa menyewa alat kalo memang satu pihak lagi ada kerjaan dan pihak lainnya kebetulan di tanggal yang sama lagi luang.

Terus kalo misalnya kami dapat client sementara di tanggal tersebut udah penuuuh banget, misal udah di book lebih dari 3 orang dan kami merasa tak mampu meng-handle-nya lagi, ya kita sering meng-connectkan client kita dengan teman-teman yang punya usaha mirip kita. Nggak usah merasa 'lha nanti kan jadi berkurang clientku', 'gimana kalo dia lebih untung', atau apapun pikiran lainnya. Kalo niat kita baik, insyallah kedepannya bakalan terbalas dengan hal hal baik juga.

2. Terus Inovasi dan Jangan Mudah Puas

Adanya pesaing itu bikin kita mawas diri dan anti sombong loh. Justru baik sih menurut saya buat follow temen-temen yang punya kesibukan sama kayak kita, bukan malah menutup mata nggak mau tau. Karena dengan follow mereka, kita bakalan susah untuk sombong haha. Misal nih kita abis ndekor yang menurut kita itu effortnya mayhaaaan, udah bangga gitu sama hasilnya, eh pas scroll instagram nemu temen vendor yang dekornya nggak kalah ciamik, yah gagal deh mau sombong hahah.



Akhirnya kita nggak cepet puas dan bakal terus berinovasi. Terus pikirin hal-hal kreatif yang bisa bikin usaha kita standout. Ohya dengan follow pemain bisnis sejenis tujuannya hanya untuk mencari inspirasi sekaligus memantau pasar aja loh ya, kalo sampe kalian merasa minder sendiri dan malah bikin nyali ciut karena merasa tak sanggup mengejar persaingan yang ada, yaaaah mungkin itu perkara mental kalian. Better untuk unfoll aja daripada makan hati dan malah buyar semua.

3. Jangan Pernah Bermain Kotor

Nggak zaman kayaknya ngomongin jelek-jeleknya bisnis orang lain atau ngelakuin hal-hal yang merugikan pihak lain. Karena karma itu nyata loh manteman. Meski bisnis itu mau nggak mau selalu ada sikut-sikutannya, tapi yaudaaaaahlah main aman dan main baik-baik aja... Ini juga menyangkut keberkahan bisnis kita kedepannya sih...

4. Pastikan Kita Bermain di Pasar yang Sesuai

Karena kuatnya arus informasi, ketika kita lihat inspirasi pemain sejenis melakukan hal A jangan serta merta ikutan berbuat A juga. Karena meski sama jenis layanannya, kalo pasarnya beda ya bakalan beda juga yang harus kita lakukan.

Misal nih selera tone foto, kalo zaman sekarang kan yang kekinian itu ke arah putih putih gimanaaa gitu yah. Kalo kita merintis usaha di daerah yang ga semaju kota-kota besar, tone warna tersebut belum tentu bakalan diterima dengan pasar kita. Jadi memang kudu make sure dulu sih, nggak bisa langsung ikut-ikutan.

Yah kurang lebih begitu sih, jadi persaingan jangan sampai dijadikan alasan buat menunda-nunda memulai usaha. Nggak usah takut, karena insyaAllah pasti ada aja kok rezekinya, apalagi kalo kita juga serius, dalam hal ini maksutnya kita emang beneran eksekusi sungguh-sungguh, belajar bisnis dari marketing, management, keuangan, pemasaran, dan lain-lain. Pasti nanti ada bagiannya sendiri, bakal ada pasarnya sendiri.



Semoga meski persaingan bisnis dalam dunia usaha makin ketat kita tetep bisa melangkah maju terus hingga nantinya bisa menebar manfaat makin besar untuk sekitar. Seperti Sinar Mas Indonesia yang udah 80 tahun ini tumbuh bersama begitu banyak orang melalui beberapa pilar bisnisnya dari mulai bisnis kertas, sawit, 

Seneng ya kalo bisa berbisnis sampe ngimpact ke banyak orang, nggak kehitung banget kan jumlah tenaga kerja yang udah diberikan sama Sinar Mas, begitu banyak keluarga yang kecipratan manfaatnya Perusahaan tersebut.

Dan nggak cuma karyawannya aja yang kecipratan, bahkan di mojokerto Sinar Mas punya program CSR dengan nama, "Pedagang Keliling Rombong Biru" yang merangkul para penjual makanan di pabrik kertas. Karena awalnya para pedagang itu kerap memasuki pabrik tanpa izin dan menganggu keamanan. Kemudian bukannya diusir tapi malah dirangkul dan digandeng. Mereka diberikan seragam, diberi sepeda dan gerobak baru yang berwarna biru, dan diberi jadwal untuk masuk ketika jam istirahat pegawai, jadi jam kerjanya lebih efektif banget. Nggak perlu curi-curi mangkal lagi.


Nggak sampe disitu aja, para pedagang tersebut juga diberi pelatihan mengolah, mengemas, dan menyajikan makanan dengan bersih. Jadi kualitas produk mereka meningkat. Warbyasah ya manfaatnya. Kepengen banget nanti nolcreative bisa tumbuh ke titik itu.

Selain itu, di Bumi Melayu, anak cabang Sinar mas lainnya juga punya program yang tidak kalah keren yaitu Koperasi Bunut Abadi yang memberdayakan ratusan warga untuk ikut serta dalam pembibitan varietas unggulan untuk bahan baku kertas. Dalam koperasi Bunut Abadi dilakukan pendampingan, pelatihan bisnis serta pinjaman modal sehingga warga dapat dilibatkan melakukan pembibitan, kemudian memasoknya kepada perusahaan. Kalo mau disebutin semua, banyak banget program CSR dari Sinar Mas ini dari berbagai bidang mulai dari bisnis, kesehatan, lingkungan dan pendidikan. Untuk lebih lengkapnya tentang CSR Sinar Mas bisa kalian lihat di http://bit.ly/TumbuhBersama atau www.sinarmas.co, dijamin bakalan terinspirasi. Rasanya kayak pengen bilang sama diri sendiri " Kamu juga harus berjuang biar bisa ikut menjadi bagian dari mimpi banyak orang".

Menebar begitu banyak manfaat melalui nilai-nilai filosofi perusahaan sejak didirikan oleh Bp Eka Tjipta 80 tahun lalu dan membersamai mimpi banyak orang. Semoga bisnis kita semua nantinya juga bisa berkembang dan memberi manfaat seperti itu yah. Ngomong-ngomong Selamat Ulang Tahun ke 80 Sinar Mas, semoga tetap selalu bertembuh dan berjaya serta semakin banyak manfaatnya untuk semua.

Have a good day!

Ghea Safferina Adany

You Might Also Like

1 comments

Drop some hello here! :)

ALL TIME HITS

My Latest Vidio

Featured Post

Pembubaran Panitia Pernikahan dan Ulang tahun ke 21

Rasanya miris sendiri lihat blog nggak pernah update padahal bahannya super banyak. Efek mindset saya kekeuh pengen posting semua hal sepu...