Printable Checklist Belanja Kebutuhan Bayi

Saturday, June 02, 2018


Salah satu hal yang menyenangkan sekaligus membingungkan ketika kita telah memasuki trimester tiga adalah waktunya belanja kebutuhan bayi. Entah untuk anak pertama, ataupun kedua, yang namanya jalan-jalan ke toko peralatan bayi pasti jadi sesuatu yang menyenangkan (....apalagi kalo ga perlu mikir perihal pengeluaran). Pasti deh bawaannya happy aja lihat benda lucu-lucu, berasa pengen dibawa pulang semuanya. Tapi...... kalo sekaligus mikir pengeluaran, apalagi untuk keluarga kecil seperti saya yang masih dalam tahap berjuang, belanja kebutuhan bayi justru bikin saya bingung. Karena takut kalap, takut mubadzir, takut beli yang ga perlu, dan takut-takut lainnya.

Waktu saya browsing-browsing ternyata ketakutan itu wajar, sebenernya bukan takut sih, tapi khawatir. Untuk menghindari pengeluaran yang ngga perlu, waktu itu saya sempatkan waktu buat blogwalking kesana kemari baca cerita orang seputar mempersiapkan kebutuhan bayi. Lalu dari tiap blog yang saya baca, saya bikin note dalam bentuk excel. Semua kebutuhan mereka saya tulis, tiap nemu yang baru saya tambahkan, pokoknya di catet dulu lah. Nanti tinggal eksekusinya saya sesuaikan beneran butuh apa engga, jumlahnya juga saya sesuaikan sendiri.


Nah, waktu itu saya bikin instagram story pas lagi ngisi excel tersebut dan ternyata banyak banget yang pengen minta filenya. Padahal filenya itu berantakan karena emang niatnya buat saya pribadi. Alhasil beberapa aja yang saya kasih, yang udah mau due date waktu itu. Sisanya berniat untuk mau saya rapikan dulu karena malu ih takut orang bacanya juga malah ga faham. Di excel saya sengaja dibuat banyak kolom, jadi emang mau saya isi semua semacam udah kebeli atau belum, kalo udah belinya dimana, berapaan, tujuannya biar saya awas diri dengan pengeluaran seputar peralatan bayi ini udah menghabiskan berapa. Bukan bermaksut pelit sama anak sendiri sih, tapi sadar diri dengan kondisi dan mau lebih hati-hati aja. Karena ada kebutuhan lain kayak yang kebutuhan pokok sampai ke kebutuhan project bangun rumah yang lagi harus saya perhatikan. Dan lagi, abis baca bukunya marie kondo tuh, yang bikin punya prinsip buat ga ugal-ugalan ketika belanja. Harus beli yang emang butuh dan emang kita suka aja, biar ga jadi penumpukan barang dirumah.


Ehtapi ternyata, setelah punya anak jadi riweuh sendiri dan rencana mau kasih list ini ketunda mulu. Sampe puncaknya beberapa hari terakhir ini ngga tau kebetulan apa gimana, kok ya pas yang ngeDM pengen minta file excelnya semua, wah kalian koordinasi ya? Hehehe. Terketuklah pintu hati buat segera upload. Tapi sebagai permintaan maaf karena uploadnya lama banget, saya rapikan dulu dan saya buatin dua versi. Satu yang warna pink itu lebih simple bentuknya, cuma list sama checkbox gitu jadi nanti tinggal di centang kalo udah kebeli atau udah dapat barangnya entah dari lungsuran juga bisa. Itu special saya bikin buat temen-temen soalnya dulu saya ngga sempet bikin gitu buat diri sendiri hohoho.

Nah satunya desainnya ala kadarnya tampilan excel gitu tapi dalam bentuk pdf. Tapi tapi tapi, disana tiap list barangnya juga ada komentar pribadi dari saya. Disana juga ada jumlah yang harus dibeli based on blog-blog berbagai orang yang saya datengin, tapi terus saya komenin di sampingnya apakah pada kenyataannya beneran butuh segitu apa engga. Tapi itu subjektif ya, berdasarkan pengalaman saya dan kafa.

Jadi saran saya, mendng download dua-duanya, yang simple buat dibawa belanja lebih enak, satunya bisa dibaca-baca, buat perimbangan, tapi ingeeet... itu keterangan tambahannya sungguh subjektif dari saya.



Bisa langsung di print aja dan disesuaikan dengan kebutuhan masing-masing. Ngga semua yang ada di list ini perlu kalian beli. Tapi ini adalah hasil ngumpulin informasi dari berbagai sumber. Saya sendiri ngga ngebeli semua. Jujur ya, dulu saya mikir pasti bakalan super excited belanja peralatan bayi. Nyatanya hingga menjelang due date saya nggak kunjung siap-siap, ada aja alasannya. Alhasil cuma sempat beli yang bener-bener penting dan sisanya dapat kado semua, alhamdulillah.

Dan ada loh yang ngirim paketannya jauh hari sebelum melahirkan, mbak Apik dan mas Gun, ternyata apa yang mereka beri hampir semuanya kepakek di kafa. Bermanfaat banget ternyata ngadoin sebelum hari kelahiran, kemarin saya akhirnya ga beli bantal menyusui, perlak, bantal guling, tas, beberapa perlengkapan mandi bayi, dkk karena udah dikirimin duluan sama mbak apik,  dikirimin sekerdus masyaAllah, dan kepakek sampe sekarang. Huhu makasih loh mbak....


Nah, sebelum diakhirin, ini ada beberapa tips-tips buat temen-temen yang lagi mau belanja, berdasarkan pengalaman pribadi siapa tau bisa nambah insight hehe

TIPS BERDASARKAN PENGALAMAN
  • Lihat checklist dan semua ngga harus dibeli baru loh, kalo saya ngga masalah dapat lungsuran. Tapi karena anak pertama - cucu pertama dari kedua belah pihak - cicit pertama, jadi agak susah buat kafa dapat lungsuran. Tapi.... tiba-tiba dikirimin sama kakak kelas saya, mbak reri baju & cleana anaknya yang sangat bermanfaat sekali. Karena kebutuhan bayi ini kepakeknya cepet loh, jadi saya ngga ada masalah buat memanfaatkan yang ada.
  • Fokus belanja yang untuk newborn dulu, untuk perintilan lain kayak mainan yang gede-gede, peralatan mpasi, bouncher, playmat, stroller, box, tas, ntaran aja dulu... Karena biasanya banyaaak yang ngadoin. Kafa kemarin bener-bener cuma belanja yang inti aja, karena kesemua lainnya dapat kado, huhuhu kenapa orang pada baik-baik kan terharu.
  • Cicil belanja dari awal, ini penting karena kita pasti butuh beberapa kali bolak balik sebelum akhirnya lengkap. Enak juga kalo masih dalam usia kandungan 7 bulanan gitu kita ga terlalu begah (jangan kayak saya yang last minutes pada akhirnya susah milih dan ga mood duluan karena perut udah gede). Dan belanja dari awal bikin kita ngga langsung syok sama pengeluaran tiba-tiba yang pasti nilainya ngga kecil. Pun, karena dari awal kita bisa membandingkan beberapa toko dan produk.
  • Banyakin beli warna netral, sometimes usg itu belum tentu bener. Daripada kecewa kayak temen saya yang udah nyiapin semua perintilan anak perempuan terus keluarnya laki-laki, mending beli yang netral aja. Boleh lah beberapa sesuai gender, tapi lebih banyak yang netral. Selain cari aman juga bisa di lungsurin ke adeknya nanti (makmakhemat).
  • Jangan terlalu banyak beli ukuran newborn, karena beneran deh bayi itu cepet gede banget. Apalagi kalo keluar-keluar udah gede. Ada juga temen saya yang bayinya keluar dan semua baju yang udah disiapin ngga muat huhu. Kafa sendiri beli baju ukuran 3 monts gitu deh, jadi meski pas masih newborn berasa kegedean tapi ngga bingung sampe beberapa bulan. Lebih hemat dan ga ribet gitu deh. Tapi gapapa beli beberapa yang pas ukurannya biar pas foto bagus, ngga kedodoran hahaha. Ohya, toh newborn kebanyakan kalo orang jawa masih suruh pakai bedong mulu, jadi baju sebenernya ga kelihatan sih.
  • Peralatan mandi, detergen, pospak, beli ukuran kecil dulu. Karena kita ngga tau anak kita alergi atau engga. Saya dulu malah ga beli sama sekali karena ternyata yang ngadoin section ini itu banyaaaak banget. Dan alhamdulillahnya lagi, kafa termasuk yang ngga terlalu rewel sama produk.
  • Peralatan yang mahal coba sewa / minjem dulu. Ini kayak stroller, pompa, yang harganya bisa jutaan itu. Coba aja cari tau bener-bener sebelum memutuskan beli (ini pelajaran yang saya dapat dari blog orang lain). Karena kafa strollernya di kado, pompa juga beli yg murah aja saya waktu itu karena kebutuhannya buat kadang-kadang, jadi ga sempet research yang deep.
  • Selalu catat dan checklist, biar nggak overbudget. Biar bisa mawas diri. Biar bisa buat evaluasi.
  • Belanja minta dianter suami, kalo belum bisa kebeli semua listnya, paling ngga suami tau barang A itu yang mana, barang B itu yang mana, dkk. Itu jaga-jaga misal tetiba kita lahiran dan belum kebeli, suami bisa ngebeliin dan tau mana yang kita pengen.
  • Kalo pengen bener-bener ngerasain feel semua barang, belanja langsung di toko bayi offline. Biasanya yang saya beli online itu udah lihat barangnya dulu di toko offline, misal baju merk A, udah tau oh bahannya gini yayayaa saya cucoook! Terus ternyata cek di shopee lebih murah, yaudah deh sung belanja online. Karena sempet dikecewakan sama beberapa barang yang sebenernya belum tau bentuk fisiknya langsung pesen online. Ga sesuai bayangan huhu.
Semoga printable dan catatannya bermanfaat buat temen-temen yah, selamat mempersiapkan kedatangan sang buah hati! Selamat berbelanja, dan hati-hati kalap pengen dibeli semua hehe.

Kalo ada problem saat download bisa hubungi saya yaaaah

Warm Regards,

Ghea Safferina

You Might Also Like

3 comments

  1. Waah, sekarang URL nya ganti. Fokusnya jadi parenting blogger ya kak? Hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehe karena beberapa alesan akhirnya ganti :3 Salah satunya lupa memperpanjang dan udah di claim orang lain :3

      Delete
  2. Bermanfaat banget Mbak. Saya simpen buat persiapan 😊

    ReplyDelete

Drop some hello here! :)

ALL TIME HITS

My Latest Vidio

Featured Post

Pembubaran Panitia Pernikahan dan Ulang tahun ke 21

Rasanya miris sendiri lihat blog nggak pernah update padahal bahannya super banyak. Efek mindset saya kekeuh pengen posting semua hal sepu...