Super Easy Carbonara

Thursday, April 05, 2018


Dengan lumayan banyaknya DM yang masuk dan tanya tentang resep carbonara ala-ala yang sering saya share di IG story (karena emang bener-bener sering banget bikin gegara doyan). Jadi hari ini mau saya tulis di blog. Saya emang cenderung suka carbonara buat masak pasta apapun, meski umumnya buat spaghetti, tapi sering juga saya masak buat fettucin, fusilli, penne (karena biasanya bisa masuk-masuk kedalam sausnya makin yummy, macaroni atau bahkan farfalle yang lucu itu.

Creamy, adalah alasan saya doyan banget sama carbonara. Bahan dasarnya sendiri adalah telur, keju, daging, dan blackpaper. Tapi nggak perlu takut buat eksperimen sih menurut saya, jadi punya saya agak ada yang beda. Daaaan ini juga terinspirasi dari beberapa resep di cookpad yang saya campur-campur. Sering banget bikin ini dari dulu karena seperti yang saya bilang tadi, selain makanan favorit saya, mas hanifpun doyan. Bahannya juga sebenernya ga fix sih, kita lebih sering memanfaatkan apa yang ada dirumah aja. Bagi kita ada main ingredient berupa : Susu, Keju, Bawang. Selama ada tiga bahan itu, carbonara bisa dibuat. Pastanya juga cari apa yang ada dirumah.


Jadi berikut ini bahan yang kalian butuhkan, untuk jumlahnya saya suka seenaknya aja, jadi gatau pastinya, pakai feeling aja. Kalo ngerasa kurang ya di tambahin hehe.

  • Pasta
    Nggak ada aturan pasti bagi saya mau pakai pasta apa, biasanya pakai apa yang ada. Seperti yang saya bilang tadi, bisa spaghetti, fettucin, fusilli, penne, dkk. Tapi saya suka penne atau macaroni karena creamnya kadang jadi nyangkut-nyangkut di lekukannya bikin makn kerasa tiap suapnya.
  • Bawang
    Lebih enak pakai bawang bombay, tapi kalo pas adanya cuma bawang putih juga its okaay. Cincang halus yaaah.
  • Susu
    Ini juga seadanya, seringnya sih pakai ultramilk putih, tapi kalo lagi hemat pakai indomilk (eeaaa, atau susu apapun yang lagi diskon sih biasanya #makmaklyfe). Kalo cuma buat makan berdua sekotak 200ml cukup sih, tp makin banyak susu makin creamy, jadi biasanya saya pakai yang literan, dan nyesuain jumlah pasta.
  • Keju
    Cheedar yaaah, terserah mereknya apa. Ohya tau nggak kraft yang ukuran saset itu? Nah itu cukup juga buat makan berdua, tapi saya seringnya beli yg kerdusan itu tinggal disesuaikan, potong aja 1/4 atau 1/2 blok lalu diparut. Makin banyak makin 'ngejuuuu' gituuu.
  • Daging / Cornet
    Ini sebenernya optional sih, tapi kalo ada makin enak (yaiyalah). Biasanya saya pakai cornet utamanya. Tapi saya tambah-tambahin sendiri sama apa yang ada dirumah, kalo ada daging ya bisa, sosis, bakso, bahkan abonpun pernaaah. Intinya fleksibel ajaaa.
  • Penyedap Makanan / Kaldu Jamur
    Saya pakai kaldu jamur untuk penyedap makanan dengan harapan lebih sehat hahah (aaamin). Untuk merek saya pakai wehi karena ada label halalnya. Dan ini lumayan jadi kunci
  • Lada Hitam
    Ini bisa pakai merek terserah, optional tapi emang bikin rasa lebih yummy
  • Parsley
    Cuma untuk mempercantik, kalo rasa untuk dried parsley sebenernya ga begitu ngaruh. Beda lagi ya kalo masih seger terus dimasak juga itu bisa ngaruh ke rasa.

Lalu untuk caranya cukup mudah, ini nih:
  • Rebus dulu Pastamu, seperti yang saya bilang terserah pasta appaun. Yang penting jangan lupa kasih minyak dikit di air rebusan biar pastanya waktu diangkat nggak saling nempel satu sama lain. Rebusnya sampe al dente yaa, matang tapi ngga lembek.
  • Parut keju dan Cincang bawang, ini bisa disambi sambil nunggu pasta matang ya, jadi prepare semuanya sembari rebus pasta.
  • Tumis bawang yang sudah di cincang, sampai baunya harum
  • Masukkan kornet, dan tumis bareng bawang
  • Masukkan pasta
  • Tambahkan susu, ukurannya sesuaikan jumlah pasta ya, makin banyak makin creamy
  • Tuang keju dan aduk, biarin kejunya cair dan bersatu dengan susu, nanti perlahan bakalan mulai creamy
  • Beri kaldu jamur, garam jika dibutuhkan, lada hitam, koreksi rasa, sambil terus diaduk aduk. Jangan lupa pakai api kecil aja yaah.
  • Jika rasa udah pas, matikan kompor, sajikan dipiring, dan beri taburan parsley biar cantik!
  • All done, siap disantap. Bisa ditambahkan topping lain sesuka kita, kalo saya sih seadanya dirumah.

Gampang banget kan? Maaf kalo fotonya kurag creamy karena udah meresap dan udah di toel toel mulu sampe tinggal begini doang haha. Tapi tapi tapi dengan buat sendiri gini kalian bakalan super hemat, dan jadinya makin banyaaaaak.

Selamat mencoba, insyallah pasti berhasil, tinggal niatnya doang. Saya sering banget bikin ini bisa tiap minggu ada hari ber-carbonara, abisnya doyan.

Have a good day!


You Might Also Like

6 comments

  1. delicious. Jadi pengen coba bikin :D
    Btw beli bahan2nya ada di satu toko atau masing gitu ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Di satu toko ada kok, kan main itemnya cuma : tepung, pasta, keju, susu. Udah itu aja hehe... Bahkan indomaret / alfamaret juga ada hehe

      Delete
  2. Mau coba aaah..! Biasanya kalau makan pasta di kos beli instan gitu, tapi kan rasanya cuma yang bologna. Hati kecilku masih lebih suka carbonara, hihihi

    Makasih resepnya yaa :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya bener mbak yang instan kebanyakan bolognese aja, tapi carbonara lebih lembuuut creamy yang bikin rela nyalain kompor ehehe.

      Sama-sama mbak, selamat bebikinan! :)

      Delete
  3. resepnya gampang ya mbak, jadi pingin nyoba buat bikin juga. siapa tau jadi ikutan suka :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Gampang banget mbak, yuk di coba, rasanya enak. Dan pastinya lebih hemat ketimbang di cafe hehe

      Delete

Drop some hello here! :)

ALL TIME HITS

My Latest Vidio

Featured Post

Pembubaran Panitia Pernikahan dan Ulang tahun ke 21

Rasanya miris sendiri lihat blog nggak pernah update padahal bahannya super banyak. Efek mindset saya kekeuh pengen posting semua hal sepu...